Miracle™ Decision Making, bukanlah jenis pembuatan keputusan biasa, walaupun istilah “decision making” secara umum mengandung pengertian serangkaian proses pemikiran dan pertimbangan serta kebijaksanaan.

Miracle™ Decision Making berada pada ranah pemikiran stratejik (Strategic Thinking) berpadu dengan intuisi dan personality yang kuat. Brian Tracy menyatakannya dengan bahwa confident decision-making (pembuatan keputusan yang percaya diri) didapat dari trust your intuition! Mempercayai intuisi!

Intuition, intuisi merupakan pekerjaan pikiran bawah sadar yang kita ketahui bersifat murni dan jujur (kita mengenalnya sebagai “hati nurani yang terdalam” atau “kesadaran sejati” atau “kesadaran yang lebih tinggi”). Memadukan unsur pemikiran stratejik (strategic thinking) dan “kesadaran nurani dan insting” ini memang bukan pekerjaan mudah, namun bukanlah hal yang mustahil dilakukan.

Pemikiran stratejik (strategic thinking) berpadu dengan kekuatan intuisi sungguh amat powerful dan berhati nurani !

Banyak orang berpendapat tentang pengambilan keputusan baik itu di ranah privat maupun publik, lebih-lebih keputusan politik, yang acapkali dituding “tidak berdasar hati nurani”, “tidak pro rakyat”, dsb. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa proses pengambilan keputusan (decision-making process) lebih-lebih di ranah politik, sarat dengan berbagai kepentingan politik yang seringnya subjektif. Karenanya tidak jarang proses ini memakan waktu yang sangat lama, berjalan alot dan penuh intrik pula. Dapat dibayangkan betapa ruwetnya pikiran orang-orang yang terlibat di situ. Di tengah-tengah keruwetan tersebut seringkali tekanan juga muncul bersamaan! Tekanan dari atas (pesan sponsor, instruksi tak tertulis), dari bawah (demo, tuntutan), dari samping (lobby, pressure group) muncul tanpa permisi dan tanpa kompromi serta tanpa mau tahu kondisi! Maka tak heran jika produk keputusan politik menjadi rawan gugatan.  Makanya, MK jadi laris… hehe…🙂

Miracle™ Decision Making menawarkan alternatif metode baru dalam proses pengambilan keputusan. Metode ini dirancang untuk membantu memberikan siraman kesejukan dalam proses ruwet nan panas itu dengan mendayagunakan segenap unsur pikiran, otak kiri – kanan, pikiran bawah sadar, intuisi, emosi dan kekuatan serta kebeningan hati sebagai “kesadaran yang lebih tinggi”. Tentu saja siraman ini tidak serta merta langsung mematikan api egosentrisme, libido dan syahwat kepentingan yang senantiasa menyeruak ke depan, intrik dsb yang muncul dalam decision-making process secara seketika, namun secara perlahan, merasuk ke dalam hati dan bawah sadar para pengambil keputusan tanpa disadari, “tanpa rasa sakit” dan tanpa “mengganggu” tetapi bahkan terasa nikmat. Silakan kecanduan metode ini. Dalam kadar yang sangat rendah, metode ini mampu menggantikan fungsi sensasi “ekstasi” dalam pikiran. Wah.. mending kecanduan ini daripada kecanduan narkoba.. hehe….🙂

Proses pengambilan keputusan (walau mungkin masih tetap “ruwet”) akan berjalan lebih smooth, menyenangkan, tidak menguras energi –fresh terus— walaupun rapat secara maraton (itu yang dapat dirasakan secara sadar, jadi gak perlu “dopping” deh… ntar “dopping”-nya yang bisa bergoyang lagi… wkwkwk….🙂 ) dan last but not least keputusan yang diambil menjadi jauh lebih baik dan sarat ide yang lebih cemerlang disertai perasaan yang lebih segar pula.

Happy Miracle™ !

Baca Juga:

Strategic Thinking Training 2011

Conquer Your New Year 2011

One thought on “Miracle™ Decision Making

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s