Tabir Yang Menyelimuti Pikiranku Telah Hilang


Pengalaman klien, bernama CP di Malang, perempuan, 32 tahun, seorang aktivis sosial profesional, menarik untuk dijadikan pelajaran. Dia seorang yang terbuka, berpergaulan luas, banyak teman, dan disukai teman. Punya pekerjaan bagus dan bertanggungjawab. Secara umum tidak ada masalah dengan pekerjaannya. Juga dengan aktivitas sehari-harinya. Akan tetapi dia merasakan ada tekanan dalam pikirannya dan merasa ada tabir yang menyelimuti pikiran yang membuatnya merasa kurang fokus dalam berpikir. Dia merasa terganggu dengan hal ini, walaupun tidak sampai mengganggu pekerjaannya. Tetapi beban yang dia tanggung dan rasakan bertambah berat karena harus “memaksa diri” menetralkan tabir yang menyelimuti pikirannya itu supaya pekerjaannya tidak terganggu.

Dia menghubungi saya karena referensi dari pimpinan lembaganya yang sebelumnya pernah saya bantu masalahnya.

Singkatnya, kami pun bertemu untuk mendiskusikan masalahnya. Saya katakan pada Sdri. CP, bahwa apapun masalahnya, saya tidak ingin tahu secara detil. Cukup mengatakan apa yang ia rasakan saja dan ingin membuang beban itu atau yang dianggap sebagai masalah itu. Saya juga meminta CP untuk tidak memikirkan masalahnya dan memfokuskan pada apa yang ia inginkan. Kemudian, saya meminta Sdri. CP untuk “tidak mengharapkan apa-apa” termasuk menargetkan sesuatu, termasuk keinginan untuk “membuang sesuatu”. Saya mengajak Sdri. CP untuk menuju ke zona “kosong” dalam dirinya. Benar-benar masuk ke dalam dirinya.

Setelah berdiskusi tersebut, saya membimbing Sdri. CP selama 20 menit. Break. Kita berdiskusi lagi. Sdri. CP menyatakan bahwa beban tabir yang menyelimuti pikirannya berkurang kira-kira 40%. Dia merasakan jauh lebih ringan dan terang. Setelah break saya lanjutkan sesi 2 selama 20 menit. Sdri. Seusai sesi, kita berdiskusi lagi. Sdri. CP merasakan sensasi seperti melepaskan sesuatu dari dalam dirinya kemudian dia merasakan “plong” dan tabir yang menyelimuti pikirannya pun telah hilang.

Seusai sesi ke 2, sesi terapi selesai. Saya menyarankan Sdri. CP untuk mengikuti sesi Distance Therapy untuk memelihara dan menguatkan mental dan suasana hati dan pikirannya, hingga ia tidak membutuhkannya.

Ternyata, ujar-ujar kuno Tiongkok “yang kosong itu berisi” ada benarnya .. hehe…

Yang penting, seorang anak manusia lagi terbantu..

Puji syukur kepada Tuhan…

 

Tinggalkan Balasan

