Aku Hanya Butuh Kepercayaan


Kisah F dari Jayapura, Papua ini menarik sebagai pembelajaran bagi mereka yang terkait dengan pendidikan: sekolah, orangtua dan si anak itu sendiri. Ada kisah menarik di sekitar subjek ini. Dan pada subjek ini.

Dia (F, 15 tahun ) berasal dari keluarga di Jayapura, Papua, bersekolah (SMP) di Kota M, Jawa Timur. Dia tinggal di asrama sekolah. Keluhan yang disampaikan oleh orangtuanya kepada saya adalah bahwa F ini sangat malas belajar, kerjaan setiap harinya hanya nge-game, tidak suka bicara, jika diajak bicara (biasanya via telepon) selalu marah-marah. Tidak suka bertegur sapa dengan guru maupun teman kecuali teman akrabnya yang hanya 3 orang. Dia juga suka bolos, dan nilai pelajarannya buruk dan terancam tidak naik kelas. F anaknya introvert (tertutup), pendiam.

Singkatnya, sang orangtua meminta bantuan saya untuk melakukan terapi untuk anak ini (F). Kemudian kami bikin janji dan pada hari yang diperjanjikan kami bertemu sang papa yang datang dari Jayapura. Pertemuan berlangsung di sebuah hotel di Malang. Saya berkenalan dengan sang papa dan anak tersebut (F).  Langkah awal, saya berkenalan dan berusaha mengenal F lebih dekat untuk bisa menelusuri riwayat anak ini dan menerapkan terapi yang sesuai. Cukup susah pada awalnya karena anak ini benar-benar tidak mau buka mulut. Pertama saya datang ke kamarnya aja saya dicuekin seolah tidak ada seseorang yang datang. Dia tetap asyik dengan laptopnya dan sama sekali tak bergeming seolah hanya dia seorang diri di kamar itu. Wah.. kalau macam begini, agen CIA pun agak repot juga kayaknya untuk membuat anak ini buka mulut… hehe….🙂

 

[to be continued]

 

 

Tinggalkan Balasan

