Fobia Kendaraan Selama 25 Tahun Lenyap Dalam 45 Menit


Setiap orang kebanyakan mengalami perasaan takut yang “tidak beralasan” atau “sulit diketahui apa penyebabnya” yang lazim disebut “fobia”. Fobia banyak ragam dan intensitasnya, mulai yang paling ringan seperti takut pada objek hasil ilusi atau khayalannya sendiri, hingga fobia pada binatang, benda, orang, keadaan atau situasi, dsb. Jika objek atau situasi yang memicu fobia itu ada dan bisa diindera oleh si penderita, maka akan muncul gejala-gejala seperti mual, pusing, lemas dsb. Gejala yang dirasakan juga memiliki intensitas bervariasi.

Seperti yang dialami oleh klien dengan kode 122210015 (37 tahun) yang mengalami fobia kendaraan tertutup (mobil, bus dan sejenisnya) yang dideritanya sejak berusia 10 tahun. Jika naik kendaraan jenis tertutup maka beliau langsung mual, pusing, keluar keringat dingin, lemas dsb yang menyebabkan kesulitan pada aktivitas sosial yang membutuhkan mobilitas menggunakan kendaraan tertutup. Kesakitan ini langsung muncul juga bahkan baru masuk mobil walaupun mobil berhenti sekalipun! Uniknya, klien ini tik apa-apa jika berkendara menggunakan sepeda motor.

Tentu akan sangat menyusahkan dan mengganggu jika fobia jenis ini terjadi pada seseorang yang pekerjaannya membutuhkan aktivitas sosial dan mobilitas tinggi dengan menggunakan kendaraan tertutup, seperti klien ini.  Karir orang tsb bisa terhambat. Klien 122210015 ini juga mengalami kesulitan sehubungan dengan pekerjaan kantornya yang membutuhkan mobilitas tinggi menggunakan kendaraan tertutup (mobil, bus, pesawat terbang). Klien ini terpaksa selalu menolak kegiatan dinas luar yang mengharuskannya menggunakan mobil, bus atau pesawat terbang. Beliau merasa sangat tersiksa. Karirnya pun macet.

Ketika beliau menceritakan keluhannya ini kepada saya via telepon, saya membuatkan jadual ketemu dengan beliau. Setelah jadual terapi yang disepakati, dengan teknik Instant Change Technique dan Emotion Shifting selama 45 menit, alhamdulillah, fobia yang telah mengganggu selama lebih dari 25 tahun tersebut hilang.

Seminggu setelah terapi, klien ini menelpon saya dan mengatakan bahwa fobia kendaraan yang dideritanya telah hilang. Beliau mengatakan bahkan telah bisa menyetir sendiri mobilnya yang selama ini tidak ia sentuh (sebelumnya: begitu masuk dan duduk di jok mobil saja sudah pusing dan mual-mual) ! Beliau telah mampu menyetir mobil sendiri di jalanan Surabaya dan tidak apa-apa. Alhamdulillah..

Kesimpulannya, kemauan untuk sembuh, membawa seseorang untuk mampu menjadi sembuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s