Anak Cerdas Berprestasi Tapi Mental Down


Kasus yang ini sebenarnya tidak unik karena siapapun bisa mengalami kondisi mental down. Jika sudah down, maka semangat juang jadi hilang, tidak tenang dan tidak mampu menguasai diri. Dalam banyak kasus bahkan diikuti dengan rasa nyeri pada lambung dan bagian pankreas. Jika keterusan ya bahaya juga, bisa terkena sakit fisik betulan. Namun jika kasus tersebut menimpa seorang anak (pelajar) yang tergolong “anak pintar”, cerdas, berprestasi dan tidak ada maslaah dengan pergaulan sosialnya, ini bisa dibilang “aneh”. Karena umumnya, “anak pintar” itu identik dengan “tidak ada masalah” .

NA, seorang pelajar berprestasi, cakap berkomunikasi pula, bahasa Inggris juga OK bahkan sering menjuarai berbagai event lomba mulai tingkat kota/ kabupaten hingga provinsi. Nah lu.. tambah aneh kan….😀

Suatu ketika dia harus berhadapan dan berurusan dengan “sesama jawara” dari daerah lain dan ketemu di satu arena.. nah di sinilah masalah muncul. Ketika ketemu sama anak-anak yang berpredikat juara, pemegang medali perak pada olimpiade sains tahun lalu (2009), mendadak NA down. Dia menganggap anak-anak lain tersebut sangat jauh di atasnya (didukung pula dengan lagak anak-anak tsb yang dinilai NA sangat angkuh, pethitha-pethithi... apa pula itu…) dan mendadak pula dijangkiti perasaan rendah diri (mijn der waarde) yang diikuti emosi yang mendadak tidak stabil… perasaan campur aduk, tidak enak, dan tidak siap bertanding ! Wah bahaya juag .. dan kasihan juga si anak ni.. Masak jagoan kok belum-belum dah mau keok sebelum bertanding…

Beruntung, masih kurang 1 – 2 hari dari hari pertandingan olimpiade nasional dimulai. Jadi masih ada waktu 1 – 2 hari untuk menakhlukkan ketidakstabilan emosi… Terpaksa deh… terapi jarak jauh via HP pun dijalankan…… (karena saya tak mungkin terbang ke TKP… hehe..). Sebelum berangkat, NA telah mendapatkan terapi installing percaya diri dan circle of excellent.

Setelah mempelajari persoalan TKP, saya analisis bahwa NA sebenarnya hanya perlu untuk “menakhlukkan keadaan” di tempat baru agar kondisi psikis dan mentalnya sejalan dengan “kondisi psikis” tempat baru berikut semua yang ada di sana (termasuk anak-anak pesaingnya yang hebat-hebat itu!). Saya gunakan aktivasi sebagian anasir personal excellent potensial dengan gabungan teknik aura modelling, penancapan circle of excellent dan tombol mental. Hipnoterapi mata tertutup digabung dengan hipnoterapi mata terbuka !

Alhasil… NA seketika dapat menguasai keadaan dan menguasai dirinya… Dia tidak lagi keder ketika bertemu dengan “anak-anak super hebat” itu dan bahkan tidak merasa tegang atau panik sama sekali. Tenang… dan sudah bisa tersenyum dan makan dengan enak… (kalau lagi stress gak akan bisa makan…). Pada hari H olimpiade sains, NA pun mengerjakan soal tanpa grogi sedikitpun…. Itu berita baiknya….

Berita “buruk”-nya (yang ini di luar urusan terapi sih…), NA belum berhasil menggondol medali apapun… (itu berita yang disampaikan kepada saya seusai olimpiade sains nasional).. Tidak apa-apa ya…. kamu kan baru pertama ikut olimpiade sains dan langsung masuk tingkat nasional dalam sekali jalan.. sementara anak-anak lain yang dapat medali itu mereka semua telah memulai karir sejak minimal setahun lalu secara bertahap! Juara kabupaten dulu,, tahun depanya, juara provinsi.. tahun depannya ikutan tingkat nasional…. Prestasimu sudah sangat bagus itu…. Tingkatkan belajarmu untuk meraih prestasi yang lebih baik pada periode berikutnya ya…. Tapi jangan lupa:…. keterampilan sosial-mu jangan kamu lupakan ya….

 

Inilah saran seorang terapist….. hehe…😀

2 thoughts on “Anak Cerdas Berprestasi Tapi Mental Down

    1. Sdr. Agustinus Indradi.
      Bisa saja. Tetapi akan lebih efektif jika belajar dg pertemuan langsung, karena ada beberapa teknik yang lbh baik jika diikuti dan dipraktekkan secara langsung. Terimakasih telah berkunjung.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s