(Luka) Sejarah (Luka)


(Tulisan ini terinspirasi dari dialog di PEC sebelumnya)

Secara personal, mengingat dan membahas kembali sejarah masa lalu merupakan hak masing-masing orang. Biasanya sebab psikis seseorang lebih menyukai mengubur masa lalunya. Namun sejarah sosial yang merupakan testimoni dari para individu ini banyak memberi manfaat bukan hanya untuk kepentinga…n individu tersebut tetapi lebih luas lagi untuk kemanusian. Terutama pada kasus-kasus yang penuturan kekiniannya dimanipulasi.

Beberapa contoh misalkan tentang Jugun Ianfu; sebab testimoni dari mereka-lah sehingga kita bisa mengetahui bagaimana penderitaan para perempuan di era pendudukan Jepang yang kemudian kita berusaha memperjuangkan hak-hak mereka. Selanjutnya tentang tragedi ’65; dengan adanya testimoni banyak pihak kita menjadi tahu bahwa banyak fakta sejarah yang diputar balikkan rezim orde baru yang mengakibatkan banyak pelanggaran kemanusiaan.

Di kehidupan tembakau, sejarah lisan (oral history) dari para informan banyak menyumbang pada penulisan sejarah sosialnya, misalkan mengetahui akses tanah saat itu hingga dikemudian hari menjadi sumber konflik, mengetahui penderitaan dan kemiskinan buruh saat itu hingga sampai sekarangpun lingkaran kemiskinan berada pada komunitasnya, mengetahui bagaimana anak-anak komunitas tembakau rentan menjadi buruh dan banyak kisah lainnya.

Nampaknya perlu membangun mindset bahwa penderitaan di masa lalu dapat dirubah menjadi energy di masa kini dan yang akan datang. Terlebih bila menyangkut ranah sosial. Secara psikis, sharing cerita tentang penderitaan, menjadi salah satu alat untuk mengurangi penderitaan itu sendiri.***

Tulisan di atas adalah sumbangan dari Elok Mahbubah, aktivis Tembakau Folklore, Jember, Jawa Timur, yang diposting di Group Personal Excellent Community.

=======================================

Respons Personal Excellent Community (PEC):

DI WILAYAH PERSONAL, penyikapan secara bijak thd apa2 yg telah terjadi di masa lalu turut menentukan “nasib” di masa kini dan masa datang (ada “time line” yg dilalui). Jika isi masa lalu bisa memberdayakan, ya gunakan aja, sok lah.. boleh. …Jika tidak, ya tidak perlu memboroskan energi ke situ, alihkan ke masa depan, settingkan, programkan, beres. Utk yg case kayak begini, ada kalanya orang merasa terbebani masa lalunya dan terhenti di situ (waduh..), yg dipikir justru beban masa lalu tsb (ini yg sering bikin sutris…), kan lbh baik energi tsb difokuskan utk “HAL2 YG INGIN DIRAIH” saja… (sama2 menggunakan energi).. So, beban yg tadinya mendera, insya Allah hilang dg sendirinya. Ini yg di PEC bernama “ENERGY SHIFTING”. DI WILAYAH SOCIETY, CULTURE, mungkin metode “ENERGY SHIFTING” ini masih relevan pula…

Metode Shifting dimaksud di atas tu lgs “mengalihkan isu” (iih kayak di tipi ya..), tu utk yg gak bisa mengelola konten masa lalunya. Jika bisa mengelola, kadang KEPEDIHAN MASA LALU (on the spot, lokal) bisa juga menjadi energi pelecut bagi… kebangkitan & kesuksesan seseorang (PSYCHO RESTORATION) kayak pengalaman Tung Desem Waringin (TDW) <—- cekitot—->: https://miracleone.wordpress.com/2011/01/19/membuka-mental-block/ Pakaai yg mana…? terserah aja, mana yg sesuai aja, yg penting kan masalah selesai, sukses didapat… Dan untuk yg di wilayah SOCIETY: perlu membangun MINDSET BERSAMA untuk FOKUS pd menata “APA YANG INGIN DICAPAI OLEH SOCIETY ITU”, bukan memenjarakan diri di balik terali baja yg diciptakan sendiri. Ada beda yg tegas lho.. antara “BELAJAR DARI PENGALAMAN SEJARAH” dg menjebakkan diri pd lingkaran setan bekas sejarah… Na.. mana yang RELEVAN dg KEBUTUHAN SOCIETY tsb… “Energy Shifting With Pengalihan Isu” ataukah “Psycho Restoration” kayak yg pernah dilakukan TDW ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s